cara aman mengendarai kendaraan saat hujan.

cara aman mengendarai kendaraan saat hujan.

Tips memastikan kendaraan dalam kondisi baik.

hal pertama yg di lakukan dengan memastikan karet wiper dan karet jendela dalam kondisi yang baik , Pastikan air penghapus kaca tercukupi persiapan untuk hujan .

Jika wiper macet atau air penghapus kaca habis, dan Anda tengah berkendara dalam keadaaan hujan, coba gunakan sabun colek. zat kimia di dalam sabun akan membuat air hujan langsung tergelincir jatuh sehingga Anda terhindar dari kaca buram.

Jangan menerobos genangan air secara sembarangan, karena kita tidak mengetahui seberapa dalam genangan air tersebut dan terdapat lubang atau tidak di dalam genangan air tersebut.

Kurangi kecepatan saat berkendara di jalan yang basah. Jalanan yang basah memungkinkan terjadinnya Aqua planning, yaitu terbentuknya lapisan segitiga anatara ban dan permukaan jalan. Hal ini mengakibatkan gangguan dalam sistem pengereman.

Jika Anda berkendara saat hujan lebat yang disertai petir, segera matikan radio mobil Anda. Beberapa komponen di dalam radio mobil sangat rentan terhadap gangguan petir.

Saat hujan turun, kondisi jalan raya rawan kemacetan. Lakukan perjalanan jika benar-benar penting.

Jika mobil terjebak banjir dan tidak memungkinkan dievakuasi, dapat mengurangi risiko kerusakan dengan menutup ujung knalpot. Pastikan kendaraan tidak bergeser dari tempatnya. Dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand (meninggikan posisi mobil) atau pindahkan ke tempat yang lebih tinggi.

Pastikan mobil Anda telah mendapatkan perlindungan asuransi untuk kondisi banjir.